PESONA BGS RAWALO

Dilihat : 2189 Kali, Updated: Jumat, 25 Oktober 2019
PESONA BGS RAWALO

Di Kabupaten Banyumas, terdapat satu Bendungan besar yang berada di Desa Tambaknegara Kecamatan Rawalo yang membendung aliran sungai Serayu.

Bendung Gerak Serayu, Bendungan yang satu ini fungsi utamanya yaitu sebagai media irigasi bagi persawahan yang mencakup area Kabupaten Banyumas Cilacap dan sebagian Kebumen.

Namun selain daripada fungsi tersebut, Areal Bendungan ini juga berfungsi sebagai tempat wisata dengan biaya cukup terjangkau yaitu cukup membayar lahan parkir saja.

Terdapat 2 bagian dari bendungan ini yakni bagian barat yang berhadapan langsung dengan jalur utama Purwokerto – Cilacap, dan bagian timur yang berhadapan dengan jalur alternatif Patikraja – Kroya dan jalur Rel Kereta Api Purwokerto – Kutoarjo.

Bagian barat lebih ramai disinggahi kaum pemudik pada saat hari-hari besar, di hari biasa banyak ditemui Truk-Truk besar yang parkir di pinggiran sungai Serayu.

Selain itu dibagian ini tempat bermukimnya warung-warung yang menyediakan pelbagai makanan seperti Mie Ayam, Bakso, Es Kelapa Muda dll. Ada pula motel di seberang jalannya lagi, umumnya biasa dipakai para sopir truk untuk sekedar beristirahat.

Jika pekan depan nanti berencana pergi ke tempat wisata, bagi Anda warga Purwokerto tidak perlu jauh-jauh melancong ke luar daerah. Bendung Gerak Serayu merupakan tempat tujuan untuk berwisata yang dijamin tidak kalah menarik dan indah dengan tempat wisata yang berada di daerah lain. Bagi pelancong dari luar daerah juga tidak akan kecewa akan pengorbanannya untuk dapat tiba di lokasi ini. Pengorbanan yang Anda lakukan setimpal dengan keindahan yang terbayarkan ketika kaki Anda menginjak di bendungan ini.

Setiap akhir pekan selalu ramai dikunjungi warga masyarakat sekitar, bahkan ada yang jauh dari luar Kabupaten Banyumas, banyak club sepeda yang setiap minggunya bersepeda, beristirahat di menikmati sejuknya udara pesisir sungai serayu. banyak juga yang berolahraga seperti joging dll.

Setiap tahunya ada kalender pariwisata Kabupaten Banyumas yang di selenggarakan di area Bendung Gerak Serayu, kegiatan tersebut berupa Festival Serayu yang rutin di adakan guna menunjang dan mendukung promosi wisata yang ada di Kabupaten Banyumas. Kegiatan Festival Serayu berupa lomba Perahu hias yang di ikuti oleh seluruh Dinas / Instansi, Kecamatan yang ada di Kabupaten Banyumas, Festival lomba perahu hias selalu menarik wisatawan karena bisa di nikmati di sepanjang sungai serayu mulai dari patikraja hingga finish di Bendung gerak serayu.

Disamping lomba perahu hias, ada juga lomba balap perahu pasir yang di ikuti oleh para penambang pasir yang sering mencari pasir di aliran sungai serayu

#Yukpiknik

#Pesonarawalo

#pesonaserayu

#Bgs

#Rawalokurawalomu

 

 

Posted By. Faozan_Ahmad

25.10.2019/17.07.91

 

 

 

Related Posts

Komentar